Username

Password


Daftar | Lupa Password | Aktivasi
SLIDE FOTO
1 2 3 4
STATISTIK ANGGOTA
367 terdaftar
1 minggu ini
1 bulan ini
user terbaru:
Hendri
SPESIFIK PENGUNJUNG
Anda Pengunjung
Ke-736969
Last User Update :
17-03-2015
11:34:24
NEWS
SINAU WISATA
06-03-2015 | Tag Kegiatan Sekolah | Tanggapan 0

SINAU WISATA DI BODEN POWEL CELEBRATE

      Hai Sobat, kegiatan Scouting SMANSA memang selalu membawa inovasi baru di setiap tahunnya. Salah satunya adalah kegiatan Sinau Wisata ini, atau yang biasa teman-teman kita sebut dengan Siwi. Tahun lalu Siwi diadakan pada tanggal 8 Maret 2014, dimana Dewan Ambalan SMAN 1 Kesamben bekerjasama ekstra Pencinta Alam atau GEMPA SMANSA. Namun, berbeda dengan tahun ini. Kemarin tanggal 22 Februari 2015, Scouting SMANSA kembali mengadakan kegiatan ini dan bekerjasama dengan OSIS SMAN 1 Kesamben. Tanggal pelaksanaan SIWI ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Bapak Pandu Dunia, yaitu Boden Powel. Sehingga malam harinya pada tanggal 21 Februari 2015 diadakan pula perayaan BPC (Boden Powel Celebrate). Di perayaan BPC ini tidak semua peserta kelas X diwajibkan untuk mengikutinya, hanya bagi siswa-siswi yang berminat dan bersedia untuk mengikuti saja. Perayaan dihadiri oleh Bapak Kepala SMAN 1 Kesamben, Waka Kesiswaan, Waka Humas, Waka Kurikulum, Pembina Ekstrakulikuler pramuka, dan beberapa guru lainnya, serta peserta kelas dari X. Beberapa siswa sangat antusias dalam mengisi acara tersebut, tidak kalah pula dengan Pak Gatot yang menyuguhkan lagu “Tentang Kita” dari Peterpan. Sekitar pukul 21.00 peniupan lilin yang diwakili oleh Bapak Gatot Wiyono dilaksanakan dengan diiringi lagu “Kado Terindah”. Acara usai pukul 22.00. Para peserta dipersilahkan untuk segera beristirahat karena besoknya masih ada kegiatan lagi yang harus mereka lakukan, yaitu SIWI.

      Kegiatan Sinau Wisata ini merupakan kegiatan yang cukup menantang dan menarik bagi calon penegak bantara Gugus Depan SMA N 1 Kesamben yang berjumlah kurang lebih 324 peserta. Kegiatan tersebut berada di sekitar kawasan Kesamben, daerah Pagerwojo. Sinau Wisata yang dimulai sejak pukul 07.00 hingga 16.00 membuat para peserta merasakan lelah. Beberapa siswa juga ada yang merasakan sedih, senang atau gembira, dan mungkin sempat ada yang tegang. Di sini peserta benar-benar di uji kerjasama dan kekompakannya. Karena jika tidak, mereka tidak akan bisa sampai di tempat tujuan dengan tim utuh dan membawa keberhasilan.

      SIWI kali ini sangat berbeda dengan sebelumnya. Jika tahun lalu SIWI diadakan dalam bentuk outbound-outbond yang menantang, kali ini SIWI diadakan dalam bentuk penjelajahan. Start untuk penjelajahan ini adalah SMAN 1 Kesamben dan Finishnya ada di Lapangan Pagerwojo. Ketika di start peserta akan diberikan instruksi oleh panitia dan diberi peta. Sehingga para peserta juga dituntut untuk bisa membaca peta, namun ada satu sangga yang salah jalan atau nyasar waktu itu. Hal itu bisa saja dipicu oleh kurang memperhatikannya tim tersebut ketika diberi instruksi oleh panitia. Beruntung tidak beberapa lama, kakak panitia ada yang menemukan sangga tersebut. Untuk mencapai finish, setiap sangga harus melewati 6 pos. Di setiap pos tersebut terdapat kakak penjaga yang akan memberikan soal dan permasalahan yang harus mereka pecahkan sebelum sampai di pos selanjutnya. Kriteria soal yang diberikan juga beragam, mulai dari tes tulis tentang kepramukaan, memecahkan soal-soal sandi, membaca semaphore, membuat tandu, dan masih banyak jenis soal yang lain.

      Terik matahari yang cukup membakar kulit tidak sebanding dengan semangat para calon anggota pramuka penegak bantara ini. Terbukti dari hampir tidak adanya peserta yang mengeluh atau sakit, apalagi sampai yang pingsan di tengah perjalanan. Medan yang mereka lewati memang tidak mudah, apalagi rute untuk mencapai finish cukup rumit. Disinilah kekompakan dan kerjasama tim sangat dibutuhkan. Untuk melewati jalan yang terjal, berbatu, licin, dan sulit mereka harus merancang strategi bersama tim agar semua anggota sangganya bisa melewati jalan tersebut.

      Tidak hanya berhenti di perjalanan jauh dan medan yang sulit, untuk mencapai finish peserta harus meluncur dari atas sampai sungai di atas lumpur. Disini banyak peserta yang takut, terutama perempuan. Tapi banyak juga yang senang dan justru ingin mencobanya lagi. Teriakan-teriakan terus bergantian disusul dengan suara tawa dari para peserta yang merasa berhasil melewati medan tersebut. Terakhir mereka harus menyebrang sungai untuk benar-benar sampai di finish. Mereka tidak peduli dengan baju yang kotor dan basah. Ada beberapa siswa juga yang terluka karena sepatu yang harus dilepas waktu itu, namun Tim PMR segera menanganinya sehingga tidak mengganggu jalannya kegiatan. Ketika sampai di finish, crew FM bertanya kepada salah satu peserta, dia berkata “Rute penjelajahan ini memang jauh kak, apalagi ditambah dengan medan yang sulit dan harus meluncur juga nelewati sungai seperti tadi. Tapi kami tetap bersemangat dalam menjalani ini dan berusaha mengerjakan soal-soal yang diberikan dengan baik. Semangat BPC!!”.

SMANSA PEDULI SESAMA
06-03-2015 | Tag Kegiatan Sekolah | Tanggapan 0

      Donor darah adalah suatu proses kegiatan memberikan darah dari orang yang sehat ke orang yang sakit atau yang membutuhkan darah. Pada hari selasa, 17 Februari 2015 pukul 09.00 WIB SMA Negeri 1 Kesamben mengadakan kegiatan sosial yang sangat bermanfaat bagi orang lain, yakni donor darah. Sebelumnya kegiatan donor darah ini adalah kegiatan rutin di SMA Negeri 1 Kesamben yang diadakan setiap 3 bulan sekali, namun satu tahun lalu sempat surut. Pada kesempatan ini, kegiatan sosial ini diadakan kembali pada bulan November dan berlanjut di bulan Februari ini. Donor darah ini berlangsung di Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SMA Negeri 1 Kesamben. Panitia dari kegiatan ini adalah siswa-siswi kelas X dan XI yang bergabung dalam ekstra Palang Merah Remaja (PMR). Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut hingga mereka rela berdesak-desakan untuk mendapatkan giliran. Tampak sekali kepedulian sosial yang besar dari warga SMANSA yang ada dalam pribadi mereka. Tak kalah dengan para siswanya, bapak/ibu guru pun banyak yang meluangkan waktunya sejenak untuk ikut mendonorkan darahnya. Bukan hanya donor darah saja, kegiatan ini juga berguna untuk siswa-siswi yang belum berani donor darah. Yaitu mereka bisa mengecek golongan darahnya dengan membayar 5 ribu kepada petugas. Anggota PMR SMANSA bekerjasama dengan UDD PMI (Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia) cabang Kabupaten Blitar untuk melaksanakan kegiatan ini. Sebelum mendonorkan darahnya, para pendonor harus diperiksa terlebih dahulu oleh petugas. Apa jenis darah mereka dan layak atau tidakkah untuk menjadi pendonor. Adapun syarat-syarat dan ketentuan pendonor darah adalah sebagai berikut :

1.    Sehat jasmani dan rohani. Jika akan menjadi seorang pendonor maka harus kita pastikan bahwa keadaan kita benar-benar baik dan sehat.

2.    Usia 17-65 tahun. Seseorang yang berusia di bawah 16 tahun tidak diperbolehkan donor karena pada usia tersebut darah masih diperlukan untuk proses pertumbuhan.

3.    Berat badan minimal 45 kg. Berat badan juga berpengaruh terhadap proses ini. Darah yang diharapkan untuk didonorkan itu 2,5 mililiter darah sehat, sehingga jika berat badan kita kurang dari 45 kg maka darah tidak akan dapat didonorkan sebanyak itu.

4.    Tekanan darah minimal 110/120. Jika tensi darah seseorang rendah dan melakukan donor darah, orang tersebut akan mengalami drop dan hal tersebut tidak baik untuk tubuh serta proses donor darah pun akan mengalami kegagalan.

5.    Tidak sedang terkena penyakit (influenza, tipus, serta alergi)

6.    Tidak dalam keadaan haid (menstruasi). Orang yang sedang haid tidak bisa mengeluarkan banyak darah untuk didonorkan sehingga akan mempengaruhi kondisi tubuh.

7.    Tidak kecanduan minuman beralkohol.

Karena hal-hal tersebut, siswa-siswi yang belum memenuhi syarat tidak diperbolehkan untuk mendonorkan darahya. Selain syarat-syarat tersebut, ada lima parameter yang sekarang telah ditentukan oleh WHO, antara lain harus lolos HIV, hepatitis E, hepatitis B. PDRL dan malaria.

      Mengapa waktu donor darah diharapkan bisa dilaksanakan 3 bula sekali? Hal itu dikarenakan pembentukan sel darah merah dalam tubuh memerlukan waktu dua setengah bulan. Setelah mendonorkan darahnya, para siswa kelihatan lemas. Memang benar kondisi seseorang yang mendonorkan darahnya akan melemah. Dan untuk memulihkan kondisi pendonor, petugas donor darah akan memberikan suplemen berupa susu/minuman penambah darah dan kue, setelah itu 10 menit kemudian kondisinya akan pulih kembali. Tidak hanya itu, kali ini PMI juga memberikan Pin kepada para pendonor agar mereka lebih berssemangat lagi untuk mendonorkan darahnya 3 bulan kedepan.

      Donor darah selain kegiatan yang mulia, juga memiliki beberapa manfaat, di antaranya Darah yang ada di tubuh kita akan selalu berganti jika kita mendonorkan darah. Sama seperti fungsi darah yang kompleks, maka perlu diganti dengan darang baru dan sehat. Bersamaan dengan kegiatan donor darah kita sekalian mengecek darah kita apakah darah dalam tubuh kita benar-benar bersih, sebab darah kita akan diperiksa terlebih dahulu sebelum didonorkan. Dan yang pasti kita akan mendapat pahala jika memberikan darah kita kepada orang lain. Harapan PMI berhubungan dengan donor darah ini adalah SMANSA bisa melaksanakan kegiatan donor darah rutin 3 bulan sekali. Dan “Setetes darah anda akan menolong yang membutuhkan.” (Neni)

LDK OSIS
06-03-2015 | Tag O S I S | Tanggapan 0

 LANGKAH MENUJU KESUKSESAN

      Sahabat pembaca pemimpin memang hanya ada satu, tetapi sifat kepemimpinan perlu dimiliki oleh setiap insan jika ingin menjadi manusia yang lebih baik. Karena dengan berkembangnya era globalisasi perlu adanya kemampuan untuk menghadapi dunia dengan berbagai kemajuannya. Maka dari itulah jiwa- jiwa kepemimpinan perlu ditanamkan dalam diri didik insan agar bisa memimpin dirinya dan orang lain. Apalagi didalam organisasi diperlukan kemampuan untuk memimpin dengan baik agar visi dan misi bersama bisa tercapai. untuk itu diadakanlah berbagai kegiatan pendidikan dan latihan di berbagai jenjang pendidikan untuk menciptakan orang- orang yang berkualitas dalam bidang akademik maupun non akademik.

Latihan dasar kepemimpinan siswa atau yang disingkat dengan LDKS, itulah nama kegiatan yang baru dilaksanakan oleh SMA Negeri 1 Kesamben pada 27 sampai 29 Januari 2015 yang lalu. LDKS sendiri merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh SMAN 1 Kesamben dan masuk sebagai program kerja osis/mps disekbid 5. Kegiatan ini bertujuan untuk mendidik siswa menjadi pemimpin yang berjiwa kepemimpinan dan mampu memimpin dengan baik. Peserta kegiatan ini berjumlah 69 peserta yang  meliputi pengurus osis masa bakti 2014/2015, calon pengurus osis masa bakti 2015/2016, dan perwakilan pengurus ekstra.Kegiatan yang dilaksanakan di TSOT (The Surfival Outbound Team) ini mengambil tema “ Dengan LDK Mengembangkan Siswa-Siswi untuk Menjadi Generasi yang Siap Memimpin Masa Depan SMAN 1 Kesamben dengan Iman,Karekter, dan Prestasi yang Luar Biasa.’’ Diangkatnya tema tersebut bertujuan agar kita sebagai generasi pelurus bangsa memiliki karakter pemimpin yang baik, selain itu pemimpin yang beriman akan menjadi tauladan yang baik. Iman, karakter, dan prestasi adalah tiga hal yang tidak dapat dipisahkan.

      Kegiatan LDK dihari pertama, selasa, 27/1/ 2015 diawali dengan perkenalan lingkungan TSOT kepada peserta dengan cara menjelajah lingkungan TSOT  yang masih asri dan alami dengan berjalan kaki yang dipandu langsung oleh kakak trainer. Didalam kegiatan LDK ini peserta dibagi menjadi delapan kelompok dan setiap kelompok wajib membuat yel- yel untuk membuat kegiatan ini menjadi menyenangkan dan lebih seru. Peserta juga diberi kesempatan untuk mengorasikan yel- yel mereka didepan kelompok yang lain. ramainya suasana dirumah bambu, tempat berkumpulnya peserta saat itu memecah keheningan dialam sekitar. Ini menunjukkan betapa bersemangat dan atusiasnya peserta dalam mengiku kegiatan LDK ini. Namun, kegiatan ini kurang lancar karena hujan turun tiba-tiba,sehingga para peserta diarahkan untuk segera menuju asramanya masing-masing. Acara selanjutnya yaitu makan siang bersama. Kakak treiner membuka acara makan siang pertama itni dengan membacakan peraturan saat dimeja makan yang akan berlaku sampai kegitan LDK selesai. Kemudian kakak treiner menyampaikan inti pokok dari peraturan tersebut yaitu pada saat kita makan merupakan cermin dari kehidupan kita sehari-hari, kebanyakan peserta berupaya untuk berlaku tertib dimeja makan, meskipun ada berapa peserta yang belum memiliki kesadaran untuk mematuhi peraturan yang ada.

      Pada hari pertama ini peserta mendapatkan materi etika dan moral yang disampaikan oleh Kak Hetti, Kak Hetti menerangkan tentang bagaimana pentingnya seseorang memiliki etika dan moral yang baik, dan pengaruhnya terhadap kesuksesan. Kegiatan dilanjutkan dengan permainan flaying fox, sebelum itu disela kegiatan peserta diberi waktu 15 menit untuk beristirahat dan bersiap diri. Peserta sangat antusias luar biasa karena kegiatan ini mengundang nyali yang begitu besar, sehingga membutuhkan mental yang kuat. Beberapa peserta sampai berteriak histeris ketika mengikuti permainan ini. setelah ishoma, malamnya peserta mendapat materi kedua, yaitu materi kepemimpinan, pokok-pokok organisasi, pada malam pertama ini ada renungan tetang orang tua dan motivaasi untuk menjadi lebih baik, peserta juga  mendapatkan hipoterapi. Hipnoterapi ini bertujuan untuk melatih kecerdasan otak, dan untuk mengetahui kemampuan otak dari masing-masing peserta. Dengan cara hipnoterapi dapat di ketahui berapa besar kecerdasan yang ada pada otak kita dan hipoterapi ini memotivasi peserta untuk lebih berusaha mengapai kesuksesan. Kegiatan ini berakhir sekitar tengah malam.

      Kegiatan dihari kedua diawali dengan  sholat subuh berjama’ah dan dilanjutkan dengan siraman rohani dari Bu Iis yang menyampaikan ceramahnya. Usai sarapan kegiatan diisi dengan out bond really. Pada kegiatan ini peserta harus bisa mengambiil keputusan dengan baik, dan sekreatif mungkin memecahkan teka- teki dari kakak trainer selain itu kekompakan dan kerjasama juga tidah kalah pentinnya untuk dilakukan dalam kegiatan ini. Ada 4 pos permainan yang harus dilewali oleh setiap kelompok, peserta LDK sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti out bond tersebut, ini terlihat ketika adu yel- yel antar kelompok. Setelah 4 pos selesai dilewati para peserta, mereka melakukan bersih diri dan selanjutnya makan siang. Berikutnya peserta  menerima materi proposal diaula, Pada malam kedua diadakan malam inagurasi yaitu malam pentas seni dari para peserta serta dewan guru SMAN 1 Kesamben, malam teakhir di TSOT ini berlalu dengan hangatnya kebersamaan antar peserta dan dewan guru. Meskipun dengan persiapan yang singkat acara ini bisa berjalan dengan baik. Karena sebelumnya masing- masing kelompok dan dewan guru telah menyiapkan pementasan seni yang akan mereka tampilkan, ada yang  bernyanyi lagu pop,campur sari,dangdut bahkan ada yang menampilkan seni tari dan teater. Pada hari ketiga rutinitas pagi sama dengan hari kedua yaitu dimulai dengan sholat subuh berjama’ah. setelah bersih diri dan bersiap- siap peserta dengan diarahkan kakak trainer naik keatas bukit karena kegiatan berikutnya adalah PBB. Kali ini PBB yang diajarkan kakak trainer berbeda dengan PBB biasanya yaitu menggunakan Bahasa Inggris. Peserta tampak senang dan antusias mengikuti kegiatan ini karena merupakan hal yang baru bagi sebagian besar peserta. Sekitar pukul 10 peserta LDKS melaksanakan upacara penutupan yang bertempat dikolam renang dengan menggunakan seragam olahraga. Selanjutnya mereka berkemas dan kembali ke Blitar dengan semangat dan siap menjadi pemimpin yang lebih baik .

SMANSA JAYA, JAYA, JAYA!

PENGUMUMAN
19-08-2014 | Tag Pengumuman | Tanggapan 0

DIUMUMKAN KEPADA SELURUH SISWA KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2013/2014 YANG SUDAH LULUS BAHWA CAP TIGA JARI DAN PEMBAGIAN SKHUN DIATUR SEBAGAI BERIKUT:

 

    A. CAP TIGA JARI SKHUN HARI SABTU 23 AGUSTUS 2014 PUKUL 07.30 WIB,

    B. PEMBAGIAN SKHUN HARI SABTU, 23 AGUSTUS 2014 SETELAH CAP TIGA JARI SKHUN.

 

PENGUMUMAN
17-07-2014 | Tag Pengumuman | Tanggapan 0

DIUMUMKAN KEPADA SELURUH SISWA KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2013/2014 YANG SUDAH LULUS BAHWA CAP TIGA JARI DAN PEMBAGIAN IJAZAH DIATUR SEBAGAI BERIKUT:

 

1. YANG SEGERA MEMERLUKAN IJAZAH

    A. CAP TIGA JARI IJAZAH HARI SABTU 19 JULI PUKUL 08.00 WIB,

    B. PEMBAGIAN IJZAH HARI SENIN, 21 JULI 2014 PUKUL 09.00 WIB.

 2. YANG TIDAK SEGERA MEMERLUKAN IJAZAH ATAU SEDANG DILUAR   KOTA

    A. CAP TIGA JARI IJAZAH HARI SENIN, 4 AGUSTUS 2014 PUKUL 10.00 WIB

    B. PEMBAGIAN IJAZAH HARI KAMIS, 7 AGUSTUS 2014 PUKUL 12.00 WIB.

 

CATATAN : MENGINGAT PENTINGNYA AGENDA TERSEBUT DIHARAPKAN SISWA HADIR TEPAT WAKTU

Pesan Terbaru
VIDYA PRAJNA JAYATE SMUNSAKU
Sukses selalu untuk SMAN 1 Kesamben di umur nya akan memasuki 20 Tahun, semoga tetap maju dan berprestasi.
arga yupias | 04-12-2012
bagaimana kabar GEMPA Smansa ????? semoga semakin jaya......
Jessintya Palupi | 21-10-2012
Vidya Prajna Jayate
Dies Natalis 18 SMANSA

semakan maju,jaya,dan berkarakter :)
anjar dwi yanto | 01-02-2012
ass,,,, bpk & ibu guru.... i miss u

sisteminfo

++++>>>>UJIAN SEKOLAH  KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DILAKSANAKAN TANGGAL 16 S.D 23 MARET 2015 MOHON SELURUH PESERTADIDIK KELAS XII UNTUK MEMPERSIAPKAN DIRI SEBAIK-BAIKNYA, JAGA DIRI DAN KESEHATAN <<<<++++