Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/sman1kesamben/public_html/v2/konfigurasi/global.php on line 3

Warning: session_start(): Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/sman1kesamben/public_html/v2/konfigurasi/global.php:3) in /home/sman1kesamben/public_html/v2/index.php on line 3

Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/sman1kesamben/public_html/v2/konfigurasi/global.php:3) in /home/sman1kesamben/public_html/v2/index.php on line 3
SMAN 1 Kesamben
NEWS
SINAU WISATA
06-03-2015 | Kategori Kegiatan Sekolah | Tanggapan 0

SINAU WISATA DI BODEN POWEL CELEBRATE

      Hai Sobat, kegiatan Scouting SMANSA memang selalu membawa inovasi baru di setiap tahunnya. Salah satunya adalah kegiatan Sinau Wisata ini, atau yang biasa teman-teman kita sebut dengan Siwi. Tahun lalu Siwi diadakan pada tanggal 8 Maret 2014, dimana Dewan Ambalan SMAN 1 Kesamben bekerjasama ekstra Pencinta Alam atau GEMPA SMANSA. Namun, berbeda dengan tahun ini. Kemarin tanggal 22 Februari 2015, Scouting SMANSA kembali mengadakan kegiatan ini dan bekerjasama dengan OSIS SMAN 1 Kesamben. Tanggal pelaksanaan SIWI ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Bapak Pandu Dunia, yaitu Boden Powel. Sehingga malam harinya pada tanggal 21 Februari 2015 diadakan pula perayaan BPC (Boden Powel Celebrate). Di perayaan BPC ini tidak semua peserta kelas X diwajibkan untuk mengikutinya, hanya bagi siswa-siswi yang berminat dan bersedia untuk mengikuti saja. Perayaan dihadiri oleh Bapak Kepala SMAN 1 Kesamben, Waka Kesiswaan, Waka Humas, Waka Kurikulum, Pembina Ekstrakulikuler pramuka, dan beberapa guru lainnya, serta peserta kelas dari X. Beberapa siswa sangat antusias dalam mengisi acara tersebut, tidak kalah pula dengan Pak Gatot yang menyuguhkan lagu “Tentang Kita” dari Peterpan. Sekitar pukul 21.00 peniupan lilin yang diwakili oleh Bapak Gatot Wiyono dilaksanakan dengan diiringi lagu “Kado Terindah”. Acara usai pukul 22.00. Para peserta dipersilahkan untuk segera beristirahat karena besoknya masih ada kegiatan lagi yang harus mereka lakukan, yaitu SIWI.

      Kegiatan Sinau Wisata ini merupakan kegiatan yang cukup menantang dan menarik bagi calon penegak bantara Gugus Depan SMA N 1 Kesamben yang berjumlah kurang lebih 324 peserta. Kegiatan tersebut berada di sekitar kawasan Kesamben, daerah Pagerwojo. Sinau Wisata yang dimulai sejak pukul 07.00 hingga 16.00 membuat para peserta merasakan lelah. Beberapa siswa juga ada yang merasakan sedih, senang atau gembira, dan mungkin sempat ada yang tegang. Di sini peserta benar-benar di uji kerjasama dan kekompakannya. Karena jika tidak, mereka tidak akan bisa sampai di tempat tujuan dengan tim utuh dan membawa keberhasilan.

      SIWI kali ini sangat berbeda dengan sebelumnya. Jika tahun lalu SIWI diadakan dalam bentuk outbound-outbond yang menantang, kali ini SIWI diadakan dalam bentuk penjelajahan. Start untuk penjelajahan ini adalah SMAN 1 Kesamben dan Finishnya ada di Lapangan Pagerwojo. Ketika di start peserta akan diberikan instruksi oleh panitia dan diberi peta. Sehingga para peserta juga dituntut untuk bisa membaca peta, namun ada satu sangga yang salah jalan atau nyasar waktu itu. Hal itu bisa saja dipicu oleh kurang memperhatikannya tim tersebut ketika diberi instruksi oleh panitia. Beruntung tidak beberapa lama, kakak panitia ada yang menemukan sangga tersebut. Untuk mencapai finish, setiap sangga harus melewati 6 pos. Di setiap pos tersebut terdapat kakak penjaga yang akan memberikan soal dan permasalahan yang harus mereka pecahkan sebelum sampai di pos selanjutnya. Kriteria soal yang diberikan juga beragam, mulai dari tes tulis tentang kepramukaan, memecahkan soal-soal sandi, membaca semaphore, membuat tandu, dan masih banyak jenis soal yang lain.

      Terik matahari yang cukup membakar kulit tidak sebanding dengan semangat para calon anggota pramuka penegak bantara ini. Terbukti dari hampir tidak adanya peserta yang mengeluh atau sakit, apalagi sampai yang pingsan di tengah perjalanan. Medan yang mereka lewati memang tidak mudah, apalagi rute untuk mencapai finish cukup rumit. Disinilah kekompakan dan kerjasama tim sangat dibutuhkan. Untuk melewati jalan yang terjal, berbatu, licin, dan sulit mereka harus merancang strategi bersama tim agar semua anggota sangganya bisa melewati jalan tersebut.

      Tidak hanya berhenti di perjalanan jauh dan medan yang sulit, untuk mencapai finish peserta harus meluncur dari atas sampai sungai di atas lumpur. Disini banyak peserta yang takut, terutama perempuan. Tapi banyak juga yang senang dan justru ingin mencobanya lagi. Teriakan-teriakan terus bergantian disusul dengan suara tawa dari para peserta yang merasa berhasil melewati medan tersebut. Terakhir mereka harus menyebrang sungai untuk benar-benar sampai di finish. Mereka tidak peduli dengan baju yang kotor dan basah. Ada beberapa siswa juga yang terluka karena sepatu yang harus dilepas waktu itu, namun Tim PMR segera menanganinya sehingga tidak mengganggu jalannya kegiatan. Ketika sampai di finish, crew FM bertanya kepada salah satu peserta, dia berkata “Rute penjelajahan ini memang jauh kak, apalagi ditambah dengan medan yang sulit dan harus meluncur juga nelewati sungai seperti tadi. Tapi kami tetap bersemangat dalam menjalani ini dan berusaha mengerjakan soal-soal yang diberikan dengan baik. Semangat BPC!!”.

SMANSA PEDULI SESAMA
06-03-2015 | Kategori Kegiatan Sekolah | Tanggapan 0

      Donor darah adalah suatu proses kegiatan memberikan darah dari orang yang sehat ke orang yang sakit atau yang membutuhkan darah. Pada hari selasa, 17 Februari 2015 pukul 09.00 WIB SMA Negeri 1 Kesamben mengadakan kegiatan sosial yang sangat bermanfaat bagi orang lain, yakni donor darah. Sebelumnya kegiatan donor darah ini adalah kegiatan rutin di SMA Negeri 1 Kesamben yang diadakan setiap 3 bulan sekali, namun satu tahun lalu sempat surut. Pada kesempatan ini, kegiatan sosial ini diadakan kembali pada bulan November dan berlanjut di bulan Februari ini. Donor darah ini berlangsung di Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SMA Negeri 1 Kesamben. Panitia dari kegiatan ini adalah siswa-siswi kelas X dan XI yang bergabung dalam ekstra Palang Merah Remaja (PMR). Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut hingga mereka rela berdesak-desakan untuk mendapatkan giliran. Tampak sekali kepedulian sosial yang besar dari warga SMANSA yang ada dalam pribadi mereka. Tak kalah dengan para siswanya, bapak/ibu guru pun banyak yang meluangkan waktunya sejenak untuk ikut mendonorkan darahnya. Bukan hanya donor darah saja, kegiatan ini juga berguna untuk siswa-siswi yang belum berani donor darah. Yaitu mereka bisa mengecek golongan darahnya dengan membayar 5 ribu kepada petugas. Anggota PMR SMANSA bekerjasama dengan UDD PMI (Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia) cabang Kabupaten Blitar untuk melaksanakan kegiatan ini. Sebelum mendonorkan darahnya, para pendonor harus diperiksa terlebih dahulu oleh petugas. Apa jenis darah mereka dan layak atau tidakkah untuk menjadi pendonor. Adapun syarat-syarat dan ketentuan pendonor darah adalah sebagai berikut :

1.    Sehat jasmani dan rohani. Jika akan menjadi seorang pendonor maka harus kita pastikan bahwa keadaan kita benar-benar baik dan sehat.

2.    Usia 17-65 tahun. Seseorang yang berusia di bawah 16 tahun tidak diperbolehkan donor karena pada usia tersebut darah masih diperlukan untuk proses pertumbuhan.

3.    Berat badan minimal 45 kg. Berat badan juga berpengaruh terhadap proses ini. Darah yang diharapkan untuk didonorkan itu 2,5 mililiter darah sehat, sehingga jika berat badan kita kurang dari 45 kg maka darah tidak akan dapat didonorkan sebanyak itu.

4.    Tekanan darah minimal 110/120. Jika tensi darah seseorang rendah dan melakukan donor darah, orang tersebut akan mengalami drop dan hal tersebut tidak baik untuk tubuh serta proses donor darah pun akan mengalami kegagalan.

5.    Tidak sedang terkena penyakit (influenza, tipus, serta alergi)

6.    Tidak dalam keadaan haid (menstruasi). Orang yang sedang haid tidak bisa mengeluarkan banyak darah untuk didonorkan sehingga akan mempengaruhi kondisi tubuh.

7.    Tidak kecanduan minuman beralkohol.

Karena hal-hal tersebut, siswa-siswi yang belum memenuhi syarat tidak diperbolehkan untuk mendonorkan darahya. Selain syarat-syarat tersebut, ada lima parameter yang sekarang telah ditentukan oleh WHO, antara lain harus lolos HIV, hepatitis E, hepatitis B. PDRL dan malaria.

      Mengapa waktu donor darah diharapkan bisa dilaksanakan 3 bula sekali? Hal itu dikarenakan pembentukan sel darah merah dalam tubuh memerlukan waktu dua setengah bulan. Setelah mendonorkan darahnya, para siswa kelihatan lemas. Memang benar kondisi seseorang yang mendonorkan darahnya akan melemah. Dan untuk memulihkan kondisi pendonor, petugas donor darah akan memberikan suplemen berupa susu/minuman penambah darah dan kue, setelah itu 10 menit kemudian kondisinya akan pulih kembali. Tidak hanya itu, kali ini PMI juga memberikan Pin kepada para pendonor agar mereka lebih berssemangat lagi untuk mendonorkan darahnya 3 bulan kedepan.

      Donor darah selain kegiatan yang mulia, juga memiliki beberapa manfaat, di antaranya Darah yang ada di tubuh kita akan selalu berganti jika kita mendonorkan darah. Sama seperti fungsi darah yang kompleks, maka perlu diganti dengan darang baru dan sehat. Bersamaan dengan kegiatan donor darah kita sekalian mengecek darah kita apakah darah dalam tubuh kita benar-benar bersih, sebab darah kita akan diperiksa terlebih dahulu sebelum didonorkan. Dan yang pasti kita akan mendapat pahala jika memberikan darah kita kepada orang lain. Harapan PMI berhubungan dengan donor darah ini adalah SMANSA bisa melaksanakan kegiatan donor darah rutin 3 bulan sekali. Dan “Setetes darah anda akan menolong yang membutuhkan.” (Neni)

PAMIT KENAL
07-02-2012 | Kategori Kegiatan Sekolah | Tanggapan 0

(Bapak SUMINO, S.Pd beserta Istri)

            Hari ini sejarah baru telah dimulai, Selasa 7 Februari 2012 di aula SMA Negeri 1 kesamben telah diadakan serah terima jabatan yang sekaligus Pamit Kenal dari Kepala SMA Negeri 1 Kesamben yang lama Bpk. SUMINO, S.Pd kepada Bpk Gatot  Wiyono, S.Pd, M.Pd Kepala SMA Negeri 1 Kesamben yang baru. Dalam beberapa kesempatan Bpk. Sumino, S.Pd memberikan beberapa patah kata sebagai ucapan terakhir beliau sebagai salam perpisahan kepada SMAN 1 Kesamben dan begitu halnya dengan Bpk. Gatot Wiyono, S.Pd, M.Pd  yang turut memberikan beberapa patah kata sebagai awal masuknya belaiu kedalam lingkup SMAN 1 Kesamben.

              Sebagai acara penutup dalam acara Pamit  Kenal diberi hiburan music dari bapak/Ibu guru baik dari SMAN 1 Kesamben  dan juga penampilan dari  Siswa SMAN 1 Kesamben. bahkan yang tak kalah mengejutkan lagi Bapak Sumino. S.Pd beserta istri juga menyumbangkan beberapa lagu dan juga Bapak Gatot Wiyono, S.Pd, M. Pd beserta istri yang memberikan suara emasnya

(Bapak Gatot Wiyono,S.Pd, M.Pd beserta istri)

" SELAMAT JALAN BAPAK SUMINO, S.Pd,

SELAMAT BERTUGAS DI TEMPAT YANG BARU

SEMOGA DI TEMPAT YANG BARU AKAN LEBIH BERPRESTASI "

DAN

" SELAMAT DATANG BAPAK GATOT WIYONO, S.Pd, M.Pd

SEMOGA DENGAN KEPEMIMPINAN BAPAK SMA NEGERI 1 KESAMBEN

SEMAKIN MAJU DAN PENUH PRESTASI "

 

17 th smansa
18-10-2011 | Kategori Kegiatan Sekolah | Tanggapan 0

VISI  DAN MISI SMA NEGERI 1 KESAMBEN

VISI

UNGGUL DALAM PRESTASI DAN TANGGUH BERKOMPETISI BERLANDASKAN IMTAQ

 

MISI

  1. Mewujudkan perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan kedepan.
  2. mewujudkan pelaksanaan pembelajaran dan bimbingan secara aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM).
  3. Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan Cerdas, terampil, beriman, bertaqwa, dan memiliki keunggulan kompetitif.
  4. Mewujudkan fasilitas sekolah yang relevan, mutakhir, dan berwawasan kedepan.
  5. Mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan yang mampu dan tangguh.
  6. Mewujudkan organisasi sekolah yang terus belajar (learning organization).
  7. Mewujudkan mamanemen berbasis sekolah yang tangguh.
  8. Mewujudkan pembiayaan sekolah yang memadai, wajar, dan adil.
  9. Mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, indah dan sejuk.
Pondok Ramadhan
16-08-2011 | Kategori Kegiatan Sekolah | Tanggapan 0

Pondok Ramadhan         

         Bulan ramadhan adalah bulan penuh dengan keutamaan di antaranya adalah bagi orang-orang yang berpuasa pada sepuluh hari pertama penuh dengan limpahan rahmat, sepuluh hari yang ke dua penuh dengan maghfirah dan sepuluh hari yang ke tiga dijahuhkan dari api neraka,  di samping itu pada bulan ramadhan terdapat malam Lailatu al Qadr yaitu suatu malam yang nilainya lebih baik dari seribu malam.
           Melihat keutamaan  bulan ramadhan yang beda dengan bulan bulan lainnya, maka bulan ramadhan ini merupakan momen yang sangat tepat untuk mendidik dan membimbing siswa  SMA Negeri 1 Kesamben melalui kegiatan Pondok Ramadhan yang pelaksanaannya pada tanggal 4, 6, dan 8 Agustus 2011. Kegiatan Pondok ramadhan diisi dengan bimbingan akhlak, bimbingan puasa sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, praktek baca Al-Qur'an, dll.
           Diharapkan dengan Pondok Ramadhan ini, siswa bisa menambah ilmu, mampu memanfaatkan moment ramadhan dengan melakukan kegiatan yang positif dan mempertebal keimanan. Semangat yang ada di bulan ramadhan diharapkan dapat memotivasi para siswa dan siswi untuk bertambah giat dalam menunaikan tugas dan kewajibannya sebagai seorang hamba sekaligus sebagai seorang penuntut ilmu.
           Dalam rangka mengoptimalkan kesempatan emas tersebut, SMA Negeri 1 Kesamben  berupaya memberikan fasilitas kepada segenap siswa siswinya untuk mendapatkan berkah bulan ramadhan tersebut.
Tujuan pondok Ramadhan ini adalah :

 

  • Meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya prestasi hidup
  • Meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya penyucian hati
  • Meningkatkan pemahaman siswa tentang peranan pensucian hati dalam meraih prestasi
  • Siswa dapat mengetahui profile orang yang berprestasi dalam hidup
Halaman [ 1 ] [2] [3] >>
Halaman 1 dari 3

++++>>>>AGENDA PASCA UJIAN NASIONAL 2017: CAP 3 JARI BUKU INDUK  DAN PENGEMBALIAN BUKU PERPUSTAKAAN 17 S.D 20 APRIL 2017,   PENGUMUMAN KELULUSAN 2 MEI 2017, WISUDA 8 MEI 2017 <<<<++++